Boaz Solossa Ungguli Rooney dan Ronaldo

Kalau suka, share artikel ini:
 
JAKARTA - Nama Boaz Solossa di kancah persepakbolaan Indonesia sudah tak bisa dielakkan ketenarannya. Pemain asli Papua ini kini menjadi pemain tumpuan baik di klubnya Persipura maupun di timnas Indonesia.
Hebatnya lagi, nama Boaz ternyata juga diakui di dunia setelah dinobatkan sebagai pemain yang mengalahkan pemain termahal dunia Christiano Ronaldo dan striker andalan Manchester United Wayne Ronney dalam hal mencetak gol.
International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) adalah sebuah badan internasional independen yang tak terikat dengan FIFA yang mengumpulkan sejarah dan rekor statistik sepakbola dunia. IFFHS mengumumkan Top Skorer Dunia 2011. Boaz masuk dalam daftar top skorer dunia 2011 versi IFFHS tersebut. Ia berada di peringkat ke 39 dengan lima gol. Ternyata posisi Boaz setara dengan striker Villarreal asal Brasil, Nilmar. Keduanya sama-sama mencetak lima gol, dan kelima-limanya untuk klub mereka. Boaz bahkan lebih diakui ketajamannya daripada striker dunia lainnya macam Fernando Torres ataupun Wayne Rooney, yang bahkan tak ada di dalam daftar top skorer dunia yang dirilis oleh IFFHS.
Pemuncaki daftar top skorer dunia versi IFFHS ini adalah striker muda Manchester United dan Meksiko, Javier ‘Chicharito’ Hernandez. Ia berhasil mengoleksi 11 gol di level internasional, dengan perincian tiga gol bersama United di ajang Liga Champions, dan delapan gol lainnya ketika berseragam Meksiko.
Posisi kedua ada striker Porto yang baru saja mencetak rekor di ajang Liga Europa, Radamel Falcao. Striker asal Kolombia ini juga total mencetak 11 gol, namun dengan perincian yang berbeda 10 gol untuk Porto di Liga Europa dan satu gol untuk negaranya. Selanjutnya Giuseppe Rossi, yang bermain untuk Villarreal dan timnas Italia. Striker yang diincar oleh Barcelona ini total mencetak sembilan gol, hasil kerja kerasnya mencetak enam gol untuk Villarreal di ajang Liga Europa dan tiga gol untuk Gli Azzurri. Dengan prestasinya ia berada di posisi ketiga sebagai pencetak gol terbanyak versi IFFHS.
Awalnya Boaz menempati ranking 50 dunia, namun kemudian melorot di posisi 53 pada Juli 2011. Bahkan ia harus puas di ranking 85 pada akhir Agustus dari total 88 pemain di berbagai klub dan negara. Pemain terbaik Indonesia itu lebih unggul dari pemain termahal dunia Christiano Ronaldo atau Steven Gerrard yang juga tidak masuk dalam jajaran top skorer versi IFFHS.
Kini, setelah Absen bermain melawan Iran pada leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2014, Boaz dipastikan akan menjadi starter kala menjamu bahrain di SUGBK. Akankah Boaz kembali menunjukkan taringnya?

TRIBUNNEWS.COM
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: