Sering Berkeringat di Telapak Tangan,... Pertanda Lemah Jantung???

Kalau suka, share artikel ini:
 
Telapak tangan yang berkeringat merupakan salah satu bentuk dari sensitivitas tubuh yang berlebihan. Daerah yang berkeringat ini dapat menjadi media tumbuh kuman maupun jamur, dan terkadang menimbulkan bau yang kurang enak, akhirnya rasa kurang percaya diri muncul terlebih ketika berjabat tangan.

Penyebabnya sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa hal yang dapat menimbulkan keringat termasuk pada daerah telapak tangan, seperti hipertiroidism (kelenjar gondok membesar), hiperhidrosis (pio juni membahas masalah ini), demam infeksi, cemas/stress (menghadapi ujian, pidato, tes), takut, emosi, penyakit TBC, penggunaan obat-obat (kanker, AIDS, miastenia gravis, narkotik), udara panas, kanker, menopause, gangguan pada jantung atau lambung, gangguan penyerapan air oleh ginjal, kegemukan, kerusakan syaraf akibat penyakit diabetes atau trauma saraf spinal, dan putus obat.

Penyakit jantung juga dapat menyebabkan telapak tangan berpeluh. Menurut beberapa sumber, coba amati jari kelingking dan jari tengah, apabila tampak bengkok (tidak simetris) kemungkinan ada permasalahan pada organ dalam dan pembungkus jantung. Dan telapak tangan yang berkeringat menandakan seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung, paru-paru, sesak napas, dan stress. Tetapi untuk mengetahuinya secara pasti perlu pemeriksaan yang lebih spesifik baik dari laboratorium maupun dokter spesialis.

Sebenarnya untuk menghilangkan keringat ini, harus dihilangkan dahulu penyebabnya. Namun keringat ini dapat diminimalisir dengan cara mencuci tangan kemudian telapak tangan ditaburi dengan bedak bayi, kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein (seperti teh kental, kopi) serta hindari rokok. Dan terakhir selalu percaya diri mengahadapi segala sesuatu. Jika beberapa cara di atas belum berhasil, periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab gangguan yang dialami. Semoga bermanfaat.

Keringat Berlebihan Pertanda Jantung Lemah? 

Ada yang bilang, jika tubuh berkeringat secara berlebihan terutama di bagian tangan, bisa jadi orang tersebut menderita jantung lemah. Benarkah demikian?

Menurut dr.Intan Airlina Febiliawanti, keringat yang berlebihan memang bisa saja terjadi pada seseorang. Keringat yang berlebihan tersebut memang bisa terjadi, hal ini disebut hiperhidrosis pada telapak tangan.

“Hiperhidrosis bisa terjadi primer, artinya memang kelenjar keringat pada tanganlah yang sangat aktif bekerja. Atau juga bisa sekunder. Dalam hal ini, bisa saja disebabkan karena banyak hal, bukan hanya jantung,” demikian dikatakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara ini.

Kemungkinan lain menurut Intan, keringat tersebut muncul lantaran terdapat kelainan hormon.

“Seperti yang banyak dikatakan orang adalah kelainan pada organ jantung, tetapi belum tentu jantung Anda lemah jika mengalami keringat seperti ini. Jadi, saran saya sebelum anda ketakutan, datanglah dulu ke dokter anda untuk memeriksakan diri sehingga tahu penyebabnya,”

ikadanewsonline.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: