Jepang Juara Dunia

Kalau suka, share artikel ini:

Jepang Ratu Piala Dunia

Jepang Ratu Piala Dunia.(foto:Daylife)
Jepang Ratu Piala Dunia.(foto:Daylife)
FRANKFURT – AS harus mengakui ketangguhan Jepang di final Piala Dunia Wanita 2011.Tampil mendominasi laga, AS dipaksa beradu nasib melalui drama adu penalti (3-1). Inilah sejarah Jepang. Untuk pertama kali Negeri Sakura menjadi kampiun Piala Dunia Wanita.

Jepang menunjukkan semangat pantang menyerah dalam laga yang dihelat di Commerzbank Arena Frankfurt Senin (18/7/2011) dini hari.Dua kali Jepang tertinggal namun akhirnya bisa memaksa perpanjangan waktu.

Kubu Paman Sam lebih dulu melakukan selebrasi setelah Alexandra Morgan mengoyak jala Ayumi Kaihori di menit 68. Jepang baru bisa menyamakan kedudukan di menit 81 melalui gelandang berpostur 157 Cm, Aya Miyama.Kedudukan sama kuat bertahan hingga akhir waktu normal.

Di perpanjangan waktu, Amerika kembali unggul. Gol di menit 114 ini dicetak gelandang Abby Wambach. Namun lagi-lagi, Jepang bangkit untuk mencetak gol penyeimbang (2-2) di menit 117, berkat aksi kapten tim Homare Sawa.

Jepang sempat bermain 10 orang setelah bek Azusa Iwashimizu diusir keluar pada menit 121 terakibat melanggar Alex Morgan. Tapi keunggulan jumlah pemain tak membuat The Yanks sukses mencuri gol.

Jepang patut berterima kasih pada kiper Ayumi Kaihori yang tampil menawan di bawah mistar gawang. Kaihori menjadi pahlawan setelah menggagalkan dua penalti, sebelum tendangan Saki Kumagai membuat kiper AS Hope Solo terpaksa menyaksikan Homare Sawa dkk bersorak kegirangan.

Kesuksesan ini merupakan pertama kalinya bagi Jepang setelah 26 kali ambil bagian dalam turnamen. Sementara bagi AS, kekalahan tersebut menggagalkan upaya mereka mengangkat trofi ketiga kalinya.

Jepang melaju ke final secara mengejutkan dengan mengalahkan Jerman 1-0 di final. Sebelumnya mereka memulangkan Swedia 3-1. Amerika lebih dulu menundukkan Brasil melalui adu penalti (5-3) di babak delapan besar, dan mengalahkan Prancis 3-1 di semi final. Prancis juga harus menyerahkan tempat ketiga kepada Swedia setelah tunduk 2-1 di semifinal.

Kanselir Jerman Angela Markel ikut menyaksikan pertandingan penutupan di Piala Dunia Wanita ini. Laga yang ditonton lansung sekitar 48 ribu penonton ini juga dihadiri Dr Jill Biden istri Wakil Presiden AS, dan Chelsea Clinton, anak Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton.
 
bola.okezone.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: