Manfaat Yoga Bagi Penderita Diabetes

Kalau suka, share artikel ini:
 
Yoga yang lembut dapat membantu orang dengan diabetes tipe 2 mengurangi sedikit berat badannya dan mengontrol gula darah agar selalu dalam tingkat normal. Demikian sebuah penelitian kecil menunjukkan.
Penelitian, dengan responden 123 orang dewasa setengah baya dan manula, menemukan bahwa mereka yang menambahkan kelas yoga untuk perawatan diabetes standar mereka menunjukkan penurunan berat badan  selama tiga bulan latihan. Pada saat yang sama, kadar gula darah rata-rata mereka tetap stabil - berbeda dengan kelompok kontrol ang tak melakukan yoga, dimana gula darah mereka menunjukkan kecenderungan meningkat.
Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Diabetes Care. Namun penelitian ini tidak menyarankan bahwa yoga bisa menggantikan bentuk-bentuk lain dari olahraga untuk orang dengan diabetes tipe 2 - suatu penyakit yang umumnya terkait dengan obesitas.
Untuk betul-betul kehilangan berat badan dan mengendalikan gula darah, olahraga yang 'lebih berkeringat' akan bekerja lebih baik, menurut Shreelaxmi V Hegde dari Srinivas Institute of Medical Science and Research Center di  Mangalore, India.
Di antara 60 peserta penelitian yang mengambil kelas yoga beberapa kali seminggu, Body Mass Index (BMI) rata-rata - ukuran berat dalam kaitannya dengan tinggi badan - menurun 25,9-25,4.  BMI antara 25 dan 30 dianggap kelebihan berat badan.
"Dalam penelitian kami efek dari yoga pada BMI dan kontrol gula darah adalah marjinal," kata Hegde, peneliti utama  pada Reuters Health melalui email.
"Tapi," ia menambahkan, "Perlu dicatat bahwa yoga mengontrol kadar gula darah yang dinyatakan meningkat pada kelompok kontrol."

REPUBLIKA.CO.ID
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: