Juventus Angkat Trofi Supercoppa Italiana

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734Keunggulan jumlah pemain di masa perpanjangan waktu dimanfaatkan secara maksimal oleh Bianconeri untuk memetik kemenangan.
Juventus mengawali musim 2012/13 dengan modal meyakinkan setelah sukses mengangkat trofi Supercoppa Italiana dengan mengalahkan Napoli 4-2 melalui perpanjangan waktu di Stadion Bird Nest, Beijing, Cina, Sabtu (11/8) malam WIB.

Kemenangan itu membalas kekalahan 2-0 yang diderita Juventus di final Coppa Italia pada Mei lalu. Di laga ini, Juventus tidak didampingi pelatih Antonio Conte yang terkena sanksi sepuluh bulan. Massimo Carrera menggantikan peran Conte selama sang pelatih menjalani hukuman.

Carrera menempatkan Alessandro Matri dan Sebastian Giovinco sebagai starter. Sedangkan Giorgio Chiellini, Mauricio Isla dan Martin Caceres absen karena cedera. Sedangkan Napoli menduetkan Edinson Cavani dan Goran Pandev di barisan depan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di bawah guyuran hujan, Juventus dan Napoli memperagakan permainan terbuka. Namun Juventus mengawali laga lebih baik dibandingkan juara Coppa Italia tersebut. 

Pergerakan Kwadwo Asamoah dan Stephan Lichtsteiner mampu merepotkan barisan belakang Napoli. Namun barisan belakang Juventus lengah ketika Napoli melakukan serangan balik yang berujung keunggulan bagi Partenopei melalui gol Cavani pada menit ke-28.

Gol tersebut sempt menggoyahkan Juventus, dan Napoli makin percaya diri. Kiper Gianluigi Buffon dipaksa melakukan penyelamatan ketika ia menepis bola hasil tendangan bebas Marek Hamsik yang mengancam gawangnya.

Juventus memberikan respon, dan menekan pertahanan Napoli untuk menyamakan kedudukan. Upaya Bianconeri membuahkan hasil pada menit ke-37. Menyambut umpan dari sisi kiri pertahanan Napoli, Asamoah melepaskan tendangan first time yang tak bisa dihalau Morgan De Sanctis.

Tapi kegembiraan Juventus yang bisa menyamakan kedudukan tidak bertahan lama. Selang empat menit kemudian, Pandev mengelabui Bonucci sebelum menghujamkan bola ke gawang Buffon. Skor 2-1 menutup laga babak pertama.

Mirko Vucinic dimasukkan untuk menggantikan Matri di babak kedua untuk menambah daya serang Juventus. Namun Napoli justru mendapatkan peluang lebih dulu. Tendangan voli Cavani memaksa Buffon meninju bola. Peluang diperoleh Juventus melalui tendangan bebas Andrea Pirlo, tapi dapat digagalkan De Sanctis.

Upaya Juventus untuk menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil di menit ke-73 melalui eksekusi penati Vidal. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran Federico Fernandez terhadap Vucinic.

Menjelang babak kedua berakhir, Napoli harus kehilangan satu pemain setelah Pandev diganjar kartu merah. Tak lama kemudian, Zuniga diganjar kartu kuning kedua. Begitu juga dengan pelatih Walter Mazzarri yang diusir keluar lapangan. Namun skor 2-2 bertahan hingga 90 menit, dan memaksa laga dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Dengan keunggulan jumlah dua pemain, Juventus mendominasi permainan di perpanjangan waktu. Christian Maggio memberikan Juventus keunggulan setelah melakukan gol bunuh diri pada menit ke-97 setelah De Sanctis gagal menghalau bola.

Juventus akhirnya memastikan mengangkat trofi Supercoppa pada menit ke-101 lewat gol Vucinic menyambut umpan sontekan Claudio Marchisio.

goal.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: