Ganda Putri Indonesia Didiskualifikasi dari Olimpiade 2012

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734Delapan pemain bulutangkis dunia, termasuk dua pemain Indonesia, Meiliana Jauhari dan Greysia Polii didiskualifikasi dari Olimpiade 2012.

Mereka didiskualifikasi oleh Federasi Bulutangkis Dunia (Badminton World Federation-BWF) karena terbukti bermain tidak sungguh-sungguh di laga terakhir penyisihan grup Selasa (31/7) lalu untuk mendapatkan lawan yang dianggap 'ringan' di perempat final. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Kontingen Indonesia, Erick Tohir, seperti yang diberitakan di Yahoo! Sports, Rabu (1/8) malam WIB.

Namun Indonesia akan mengajukan banding terhadap hukuman tersebut. Erick menuding Cina lah yang menjadi biang kerok dari kasus ini, dalam hal ini ganda putri Wang Xiaoli/Yu Yang karena dengan sengaja mengalah dari lawannya ganda asal Korea Selatan, Jung Kyung-eun/Kim Ha-na.

"Cina sudah sering melakukan hal-hal seperti kemarin (main sabun-red). Tapi mereka tidak pernah mendapat hukuman dari BWF," ujar Erick. "Ketika di pertandingan pertama kemarin, Cina sudah melakukannya, tapi BWF diam saja," imbuhnya kesal.

Jika Erick Tohir menilai keputusan itu tidak adil, berbeda dengan Wakil Presiden Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Comitee-IOC) Craig Reedie. Reedie yang juga mantan Ketua BWF menyambut putusan diskualifikasi itu.

"Olahraga adalah permainan yang kompetitif. Kalau Anda menghilangkan unsur kompetitif, maka unsur yang lainnya hanya omong kosong," jelasnya.

Sebelum adanya kasus ini, banyak tim yang bertanding di cabang bulutangkis sudah memprotes format kejuaraan di Olimpiade 2012. Jika di beberapa Olimpiade sebelumya menggunakan sistem undian dan gugur, maka di edisi 2012 ini format grup (empat grup) yang dipakai.

Format grup ini berpotensi menimbulkan adanya main mata atau main sabun di antara tim yang bertanding. 

Jika di sistem gugur ada tim yang kalah maka akan langsung tersingkir, maka di sistem grup tim yang kalah bisa 'memilih' lawan yang lebih mudah di fase selanjutnya.

Kedelapan pemain yang mendapat sanksi diskualifikasi ialah:
Yu Yang/Wang Xiaoli (Cina)

Jung Kyung-eun/Kim Ha-na (Korea Selatan)

Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan)

Meiliana Jauhari/Greysia Polii (Indonesia)

sumber: id.olahraga.yahoo.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: