Diduga 'Main Sabun', Delapan Pemain Bulutangkis Dunia Terancam Sanksi

Kalau suka, share artikel ini:
Ganda Cina Wang Xiaoli/Yu Yang
Narayana 734Federasi Bulutangkis Dunia (Badminton World Federation-BWF) sedang menyelidiki dugaan 'main sabun' yang dilakukan oleh delapan pemain dunia di Olimpiade 2012.

Kedelapan pemain itu terdiri dari dua ganda putri Korea Selatan serta satu ganda putri Cina dan Indonesia. Keempat ganda tersebut akan dihukum karena tidak bermain dengan sungguh-sungguh dan mencederai nilai-nilai sportivitas dalam olahraga.

Kasus ini bermula dari pertandingan laga terakhir penyisihan Grup A cabang bulutangkis nomor ganda putri, Selasa (31/7) atau Rabu (1/8) dinihari WIB, di Wembley Arena. Saat itu ganda putri Cina, Yu Yang/Wang Xiaoli berhadapan dengan ganda putri Korea Selatan, Jung Kyung-eun/Kim Ha-na.

Wang/Yu kalah 14-21, 11-21 dari Jung/Kim. Kekalahan itu diduga disengaja agar Wang/Yu tidak bertemu ganda putri Cina lainnya, Tian Qing/Zhao Yunlei di semi final. Bahkan wasit Thorsten Berg sampai harus turun ke lapangan dan memperingatkan ganda putri Cina tersebut.

Kedua pemain Cina itu terlihat secara sengaja melakukan serve asal-asalan. Shuttlecock mereka juga berulang kali terkena net atau pukulan mereka melebar ke luar lapangan dengan 'mudah'.

Bahkan penonton di Wembley Arena pun tak jarang berteriak 'boo' karena kecewa melihat permainan Wang/Yu, seperti yang diberitakan oleh BBC.co.uk, Rabu (1/8).

Jika Wang/Yu menang dan menjadi juara Grup A maka peluang bertemu Tian/Zhao di semi final sangat besar. Dan skenario All-China Final di nomor ganda putri pun akan kandas.

Pasangan Tian/Zhao menempati peringkat kedua Grup D setelah kalah dari ganda putri Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter-Juhl di laga terakhir.

Kalahnya Wang/Yu berimbas ke pertandingan terakhir Grup C yang mempertemukan Meiliana Jauhari/Greysia Polii (Indonesia) melawan Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan).

Pertandingan itu berjalan janggal karena kedua ganda seperti tak mau menang. Mereka sepertinya ingin menghindari Wang/Yu di perempat final.  Wasit Thorsten Berg bahkan sampai harus mengeluarkan kartu hitam di laga itu sebagai tanda mendiskualifikasi kedua ganda.

Namun Berg mencabut keputusannya akibat diprotes oleh kedua kubu.

Meiliana/Greysia akhirnya kalah pada laga itu dengan skor 21-18, 14-21, 12-21. Mereka menduduki peringkat dua Grup C dan akan menantang Jung/Kim di perempat final, seperti yang dilansir oleh Detiksport, Rabu (1/8).

id.olahraga.yahoo.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: