Inggris Menang Dramatis

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734Inggris tetap berada di jalur untuk lolos ke fase sistem gugur di Piala Eropa 2012, setelah bangkit dari ketertinggalan untuk menyingkirkan Swedia dari turnamen ini, melalui kemenangan 3-2 pada Jumat waktu setempat atau Sabtu dinihari WIB. 
Penyerang Manchester United Danny Welbeck mencetak gol penentu kemenangan Inggris di menit ke-78 setelah pemain pengganti, Theo Walcott, mencetak gol penyama kedudukan untuk membust Inggris lolos dari Grup D. 
Inggris terlihat seperti mendapat awal impian ketika Andy Carrol mencetak gol melalui tandukan kepala pada menit ke-23. 
Namun gol bunuh diri Glen Johnson pada menit ke-49, yang diikuti sundulan Olof Mellberg di menit ke-59, membuat pasukan Roy Hodgson terancam melalui malam yang buruk. 
Bagaimanapun, masuknya Walcott yang menggantikan James Milner membawa perubahan pada pertandingan ini. Sepakan pemain sayap Arsenal ini di menit ke-64 membuat skor menjadi imbang 2-2, kemudian laju Walcott dan diikuti umpan silangnya yang diteruskan sentuhan Welbeck membuat Inggris balik memimpin. 
Ini merupakan kemenangan perdana Inggris atas Swedia di ajang kompetitif. Melalui kemenangan ini, Inggris hanya memerlukan satu poin saat mereka melakukan pertandingan fase grup terakhir melawan tuan rumah Ukraina di Donetsk, Selasa (19/6) depan, untuk memastikan lolos ke perempat final. 
Bagaimanapun, pelatih Inggris, Hodgson, akan memerlukan perkembangan signifikan dari timnya jika mereka ingin mengamankan hasil seri, setelah Inggris tampil dengan diwarnai beberapa kesalahan serta rapuhnya barisan pertahanan. 
Inggris memulai pertandingan dengan positif, Scott Parker memaksa Andreas Isaksson melakukan penyelamatan hebat saat pertandingan baru memasuki menit ketujuh, melalui tembakan dari luar kotak penalti. 
Swedia harus menunggu sampai menit ke-20 sebelum mereka dapat mengancam gawang Inggris, kapten Zlatan Ibrahimovic melepaskan tembakan jarak jauh, yang mampu diblok dengan sempurna oleh Joe Hart. 
Setelah itu, Inggris terlihat begitu mudah kehilangan bola serta sering gagal melepaskan operan-operan akurat. 
Setelah sejumlah umpan silang Ashley young dan Milner gagal mencapai sasaran, kapten Steven Gerrard memberi umpan sempurna pada menit ke-23. 
Menguasai bola dari lapangan tengah, Gerrard melepaskan umpan diagonal jarak jauh yang disambut sundulan Carrol, untuk menembus gawang Swedia. 
Inggris mendapat peluang untuk memperbesar keunggulan di menit ke-36, ketika Asshley Cole menyodorkan umpan kepada Young, namun pemain Manchester United tersebut gagal menguasai bola dengan sempurna dan melepaskan tembakan mendatar yang melebar. 
Serangan balik Swedia hampir memperoleh hasil ketika Ibrahimovic yang lepas dari pengawalan Johnson mampu mengirim umpan bagus kepada Kim Kallstorm, yang melepaskan tembakan melambung di atas mistar gawnag Inggris. 
Penampilan baik Inggris di babak pertama kemudian menjadi buntu, dengan lima menit babak kedua bergulir, Swedialah yang mendominasi permainan. 
Gol penyeimbang kedudukan terjadi setelah tendangan bebas Ibrahimovic membentur barisan pemain Inggris, dan bola kemudian jatuh di kaki Mellberg yang tidak berada dalam posisi offside karena masih ada Johnson sebagai pemain terakhir. 
Tembakan Mellberg gagal dihalau Hart dan sempat membentur Johnson yang gagal mengamankan bola sebelum melintasi garis gawang. Mellberg mengklaim dirinya sebagai pencetak gol, namun gol tersebut diakui sebagai gol bunuh diri Johnson. 
Inggris terpukul dan situasi semakin buruk bagi pasukan Hodgson di menit ke-59, ketika Swedia berbalik unggul 2-1. Sebastian Larsson melepaskan tendangan bebas melengkung, dan buruknya pertahanan Inggris membuat Mellberg tidak kesulitan untuk mencetak gol kedua Swedia. 
Milner, yang melakukan pelanggaran sehingga Swedia mendapat tendangan bebas untuk membuka peluang terciptanya gol kedua, kemudian ditarik keluar untuk digantikan Walcott. 
Pemain sayap Arsenal ini segera memberi dampak, dan beberapa menit kemudian ia membawa Inggris menyamakan kedudukan. Tembakan Walcott dari luar kotak penalti tidak dapat dihentikan Isaksson yang berada dalam posisi kurang seimbang, untuk membuat skor menjadi 2-2. 
Swedia terus mengancam gawang Inggris melalui serangan balik, dan tembakan Ibrahimovic memaksa Hart untuk melakukan penyelamatan hebat di menit ke-76. 
Namun dua menit kemudian Walcott kembali menyelamatkan Inggris, menusuk masuk ke kotak penalti Swedia, ia kemudian memberi umpan silang pendek untuk Welbeck, yang sambil memutar badan menyetuh bola dengan tumitnya, dan membuat Inggris unggul 3-2. (antaranews.com)
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: