5 Makhluk Mitologis dan Cerita Dibaliknya

Kalau suka, share artikel ini:
5. Wendigo
Wendigo adalah makhluk yang muncul dalam mitologi orang Algonquian (suku Indian di Amerika Utara). Penggambaran tentang Wendigo sendiri cenderung beragam dan berbeda-beda, tapi secara umum dapat digambarkan bahwa makhluk ini berukuran besar, seperti alien dan berwajah seperti anjing. Makhluk ini jahat dan bersifat kanibal. Wendigo berasal dari daerah utara dan muncul pada saat musim dingin. Manusia dapat berubah menjadi Wendigo bila ia melakukan praktek kanibalisme. Ia akan kerasukan arwah jahat, biasanya dalam mimpi. Sekali berubah, ia akan menjadi jahat dan terobsesi untuk makan daging manusia. Monster ini sangat rakus dan serakah. Mereka tidak pernah puas hanya dengan membunuh dan memakan satu orang. Wendigo akan selalu mencari korban-korban baru. Makhluk ini dikategorikan sebagai raksasa, karena manusia yang berubah menjadi Wendigo selain secara fisik menjelma menjadi sosok mengerikan, ukuran tubuhnya pun akan berubah secara drastis. Makhluk ini mendiami daerah berhutan lebat, dan daerah pegunungan. Belakangan ini Wendigo menjadi populer dalam cerita horor, sama halnya seperti vampir, manusia serigala, atau zombi.
4. Encantado
Encantado adalah makhluk legendaris dari Brasil. Mereka tinggal di alam bawah air yang dalam bernama Encante. Penampakan encantado ini dapat berupa lumba-lumba air tawar atau ular laut yang mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi manusia. Perubahan makhluk ini untuk berubah menjadi manusia bisa dibilang jarang, dan biasanya terjadi di malam hari. Ketika sedang dalam bentuk wujud manusia, encantado akan memakai topi untuk menutupi dahinya yang menonjol. Encantado sering menunjukkan kemampuan sihirnya, seperti kemampuan untuk mengendalikan badai dan menghantui manusia. Mereka menggunakan berbagai macam teknik pengendalian fikiran yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit, kegilaan, dan bahkan kematian. Makhluk ini juga dikenal suka menculik manusia. Bahkan banyak penduduk desa yang tidak mau pergi lewat Sungai Amazon pada malam hari karena hal ini, dan juga banyak orang Amerika Selatan percaya akan keberadaan encantado dan mengaku pernah melihat dan berinteraksi dengan makhluk ini.
3. Aswang
Aswang adalah makhluk mitologis dalam cerita rakyat Filipina. Cerita tentang aswang ini terkenal di seluruh Filipina, kecuali di daerah Ilocos. Makhluk ini digambarkan seperti perpaduan antara vampir dan penyihir yang biasanya berwujud perempuan. Aswang merupakan pemakan mayat dan bersifat kanibal. Mereka ini mampu berubah menjadi seekor anjing hitam besar atau babi hutan. Makhluk ini menguntit manusia dan memakannya pada malam hari. Bawang putih bulat, air suci dan benda lainnya dipercaya dapat mengusir aswang. Banyak cerita seputar aswang yang menceritakan bahwa makhluk ini memakan anak-anak dan janin dalam kandungan. Dalam bentuk manusia, aswang terlihat normal, dan juga pendiam, pemalu, dan sulit ditebak. Pada malam hari, mereka berubah menjadi makhluk yang mematikan. Salah satu ciri khas dari aswang adalah matanya yang merah. Pada abad pertengahan, aswang merupakan merupakan makhluk mitologis yang sangat ditakuti di Filipina. 
2. Vampires
Vampir adalah makhluk legendaris yang konon katanya menghisap darah manusia dan hewan. Sangat sulit untuk membuat satu penggambaran yang pasti mengenai vampir berdasarkan cerita masyarakat, walaupun biasanya mereka digambarkan berperut buncit, dengan tubuh berwarna kemerahan, keunguan, atau bahkan berwarna gelap. Mereka dapat berubah menjadi berbagai macam bentuk, seringnya menjadi kelelawar atau manusia. Vampir digambarkan sebagai mayat hidup (zombi), walaupun sebagian masyarakat percaya bahwa mereka memang benar-benar hidup layaknya manusia (bukan mayat yang hidup kembali). Di awal abad ke 19, cerita fiksi modern mulai menggambarkan vampir dengan wujud kurus dan pucat. Di masa lalu, mitos tentang vampir di Eropa menyebabkan histeria massa, yang mengakibatkan masyarakat dituduh terlibat vampirisme apabila terjadi kematian beberapa penduduk di suatu daerah, dan juga banyak terjadinya kejahatan pembunuhan dibebankan kepada ulah vampir. Vampir ini dikenal suka menteror lingkungannya dan akan merayu korbannya, sambil menunggu waktu yang tepat untuk menggigit lehernya. Makhluk ini sering mengunjungi keluarganya, terutama pasangannya. Vampir adalah makhluk yang ahli dalam penyamaran dan kamuflase. Kasus vampirisme yang tercatat akhir-akhir ini adalah kasus Mercy Brown, 19 tahun, yang tewas di Exeter, Rhode Island, Amerika, pada tahun 1892.
1. Lycanthrope
Lycanthrope atau werewolf (manusia serigala) adalah manusia yang mempunyai kemampuan berubah menjadi serigala atau makhluk seperti serigala yang mempunyai karakteristik manusia (antropomorfik). Makhluk ini dapat menginfeksi manusia dengan sebuah gigitan, dan perubahan makhluk ini sering dikaitkan dengan bulan purnama. Mitologi tentang lycanthrope berasal dari Eropa, namun banyak juga ditemukan di berbagai belahan dunia kuno. Ciri khas dari werewolf ini diantaranya adalah alis yang menyatu, kuku jari yang melengkung, telinga yang pendek, dan langkah yang berayun. Mereka memiliki indra yang tajam dan kekuatan yang super, jauh di atas manusia atau serigala. Werewolf ini dikenal suka memangsa para gelandangan dan makhluk lain yang mudah dimangsa. Seseorang dapat diidentifikasi sebagai werewolf dengan mengiris dagingnya dan akan ditemukan rambut, atau ditemukannya bulu di bawah lidahnya. Dengan berubah kembali menjadi manusia, makhluk ini menjadi lemah dan mudah dilemahkan. Sampai dengan abad ke 20, serangan serigala terhadap manusia secara luas dilaporkan menyebabkan kematian massal di Eropa.
top5s
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: