Ttongsul, Minuman dari Kotoran Hewan dan Manusia

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Ttongsul adalah sebutan untuk minuman tradisional Korea Selatan yang dibuat dari kotoran hewan atau manusia.

Minuman ini dibuat dengan cara menuangkan shochu (sejenis sake) ke dalam sebuah lubang yang dipenuhi kotoran ayam, anjing atau kotoran manusia. Kemudian membiarkan campuran tersebut agar terfermentasi.

Kotoran manusia adalah yang paling populer, karena itu sangat mudah didapat. Terlepas dari bahan dan cara pengolahannya yang menjijikkan, ramuan tradisional ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Ttongsul tentu tidak lagi populer di kalangan masyarakat modern Korea, tetapi Anda masih dapat menemukannya di restoran-restoran tradisional. Menjijikkan?

Sebagaimana dilansir rocketnews24.com (20/3), korea memiliki tradisi kuat terkait penggunaan kotoran manusia sebagai obat. Hal ini dibuktikan dengan beberapa ilustrasi yang diambil dari cerita anak-anak Korea, salah satunya The Magic Panacea Feces. Ilustrasi dari cerita tersebut menggambarkan tentang seorang anak kecil yang sedang membuat "obat" untuk neneknya.
Merdeka
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: