Demi FB, Gadis Ini Habiskan Rp 53 Juta

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Ini peringatan bagi kalangan orangtua untuk waspada dan jaga baik-baik ponsel mereka. Satu pengalaman ibu asal Inggris bisa jadi pelajaran berharga. Gadis 18 tahun mengaku memakai smartphone sang ibu hanya untuk ngecek FB. Namun, di akhir bulan, ibu tersebut mendapati tagihan bulanan hingga Rp 53 juta.

Gadis 18 tahun tersebut bernama Carissa Grice asal Astley, Manchester, Inggris. Ia memakai ponsel ibunya tatkala liburan di sebuah resot di Antalya di Turki. Grice mengaku hanya gunakan ponsel tersebut untuk bermain Facebook dan mengunduh file dengan konsumsi data 630MB saja.

Namun, ada yang aneh dengan ekosistem data yang ada. Jika memang demikian adanya, maka jumlah bill yang diterima seharusnya tidak mencapai 2.907 Poundsterling atau sekitar Rp 50 juta lebih. Ternyata, ada penjelasan lain dibalik kasus ini.

Peristiwa yang menyandera Grice menyoroti betapa mahalnya penggunaan akses data ponsel jika sedang berada di luar negeri terutama di negara non Uni Eropa. Kecuali telah berlangganan paket data sebelumnya, Orange, satu provider di Turki miliki tarif 8 Poudsterling (Rp 158 ribu) untuk akses per 1MB.

Sedangkan tarif di Inggris bervariasi. Misalkan saja 3 Poundsterling (Rp 59 ribu) per 20MB harian dan tawaran provider lain 10 Poundsterling (Rp 197 ribu) per 100MB harian. Sedangkan ayah Grice mengaku jika istrinya telah berlangganan paket data sebelum ponsel dibawa “kabur” sang anak.

Ayah Grice melanjutkan, jika telepon kemudian terputus setelah tagihan membengkak melebihi 1.000 Poudsterling (Rp 19 juta). Menurut Orange, komsumsi data yang diakses melebihi jumlah kuota data di paket data yang sebelumnya telah dibeli.

Sidomi
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: