Heavy Tank Tiger, Tank Terhebat Sepanjang Sejarah

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Tiger Tank adalah Tank kelas Berat (Heavy Tank) yang dibuat oleh Jerman dalam Perang Dunia II. Alasannya...Ketika dalam beberapa Front pertempuran Jerman mengalami kesulitan menghadapi beberapa pertahanan kelas berat dan heavy tank...
Kemunculannya sontak mengagetkan pasukan sekutu...Ada satu opini dari pasukan sekutu yang sangat menarik, "Jika 1 tank Tiger terlihat, maka kirimkanlah 4 Tank Sherman. Perkirakanlah 3 Sherman akan lumpuh sampai akhirnya menghentikan Tiger Tank". WOW.... impresif kan?

LAPIS BAJA
Soal lapis baja Tank Tiger saat itu memang tak dipungkiri lagi. Lapisan mantel depan mencapai ketebalan 120mm/12cm, sehingga banyak tank-tank sekutu yang dibuat mandul ketika berhadapan dengannya.

MERIAM 88mm
Bagaimana bisa dipungkiri kehadiran Tiger Tank dengan meriam 88mm sudah bikin pasukan sekutu pontang-panting. Awalnya meriam tank Tiger diambil dari Flak88 anti air Jerman yang tersohor keampuhannya baik untuk menjatuhkan lawan-lawan baik di udara maupun darat. Karena itu ketika diduetkan dengan body Tank Tiger yang BONGSOR itu, maka jadilah mesin tempur kelas berat yang mematikan...

Karena mahalnya biaya dalam pembuatan Tiger Tank, maka selama Perang Dunia II produksinya dimulai bulan April 1942 - Agustus 1944, dimana kurang lebih terdapat 1441 buah Tiger Tank berhasil dibuat.

Tujuan Awalnya adalah membantu Jerman dalam penyerangan. Tetapi, di akhir perang dikarenakan keterbatasan suku cadang dan bahan bakar, Tank Tiger lebih sering diperuntukkan untuk pertahanan.

Dari berbagai sumber
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: