Biseksual Memang Ada dan Berbeda dengan Homoseksual

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734Meski banyak orang mengaku biseks, para ilmuwan selama ini hanya menganggapnya sebagai kebingungan dalam menentukan orientasi seks. Namun penelitian terbaru membuktikan biseks memang ada dan berbeda dari homoseks maupun heteroseks.

Dalam suatu penelitian tersebut, para ilmuwan di Northwestern University menemukan bukti bahwa beberapa laki-laki yang mengidentifikasi diri mereka sebagai biseksual benar-benar terangsang oleh perempuan dan laki-laki. Bagi yang mengaku biseksual, temuan ini tentu tidak mengejutkan.

Namun bagi para ilmuwan, fenomena biseksual ini sudah lama membuat penasaran. Sebuah penelitian tahun 2005 melaporkan bahwa seseorang menunjukkan kecenderungan biseksual karena bingung menentukan orientasi seksualnya, apakah homoseksual atau heteroseksual.

Dalam studi baru yang diterbitkan secara online dalam jurnal Biological Psychology, anggapan itu terbukti salah. Kaum biseksual khususnya laki-laki benar-benar tertarik pada 2 jenis kelamin, yakni pada sesama laki-laki sendiri maupun perempuan sekaligus.

Untuk membuktikannya, para ilmuwan merekrut sejumlah laki-laki yang mengaku biseksual yang terjaring dari beberapa situs gay dan biseksual. Kriterianya sangat ketat, misalnya harus memiliki pengalaman seksual dengan setidaknya 2 orang dari setiap jenis kelamin dan memiliki hubungan romantis setidaknya tiga bulan dengan minimal 1 orang dari setiap jenis kelamin.

Para partisipan diminta menonton beberapa video porno yang menampilkan keintiman dengan sesama jenis dan dengan lawan jenis. Sedangkan untuk mengamati ketertarikannya, alat vital para partisipan dipasangi sensor genital yang dapat mendeteksi intensitas ereksi.

Hasilnya menunjukkan bahwa laki-laki biseksual merespons video yang menonjolkan sisi sensual seorang laki-laki maupun perempuan. Laki-laki homoseks atau gay hanya merespons video sensual laki-laki, sedangkan laki-laki heteroseks hanya terangsang pada video perempuan.

"Ini akan membenarkan keberadaan banyak pria biseksual yang telah mendengar tentang penelitian terdahulu dan merasa bahwa para ilmuwan tidak memahami mereka," ungkap Allen Rosenthal, mahasiswa doktoral yang menjadi penulis utama dalam penelitian tersebut seperti dikutip dari NYTimes.

Penelitian di Northwestern ini adalah yang kedua kalinya melaporkan pola khas gairah seksual di antara pria biseksual yang diterbitkan tahun ini. Pada bulan Maret, sebuah penelitian di Archives of Sexual Behavior
melaporkan hasil pendekatan yang berbeda atas pertanyaan tersebut.
sumber:detik.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: