Intip 10 Tradisi Kecantikan Yang Berbahaya di Dunia!

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Sudah menjadi sebuah kebiasaan jika para perempuan ingin tampil cantik dan dianggap cantik. Karena itu semenjak dulu praktek perawatan kecantikan perempuan sudah menjadi hal yang normal terjadi di kalangan masyarakat.

Tapi berbeda dengan model perawatan kecantikan di dunia modern seperti saat ini, tradisi kecantikan pada masa lampau bahkan ada beberapa yang mengerikan dan cenderung menjijikkan.

Terdengar tak masuk akal? Sepertinya kamu harus mengintip daftar berikut ini. Jadi, cari tahu apa saja 10 tradisi kecantikan yang paling dianggap berbahaya dan menjijikkan ya! (kapanlagi)
1. Make Up Kotoran Burung
KaumGeisha di Jepang pada zaman dulu memakai makeup yang dibuat dari campuran tepung beras dan kotoran burung untuk  membuat wajah tampak lebih putih. Tak cukupmembayangkan kotoran burung saja di wajah, bagian tersembunyi seperti lubang hidung, bibir (ya, bibir!) dan kelopak mata wajib diolesi. Berani mencoba?
2. Cat Rambut Darah Sapi
Jijik melihat darah sapi? Lebih jijik mana dengan membayangkan darah sapi dilumurkan ke rambutmu? Ya, itu yang dilakukan kaum perempuan Iran di masa lalu. Mereka mencampurkan henna dengan kecebong dan darah sapi hitam yang dipercaya bisa membuat hitam rambut. Kamu percaya?
3. Bebat Kaki Ala Cina
Ketika Cina dipimpin oleh Dinasti Qing, gadis-gadis disana berharap mempunyai kaki yang kecil. Sehingga semenjak perempuan berusia 9 tahun, kaki mereka dibebat sehingga saat berusia 14 tahun tampak sempurna dan mengecil. Dengan ukuran kaki sepanjang 3 inci, aksi membebat kaki bahkan pernah terdengar lebih seram. Seperti apa? Tindakan seperti memotong ibu jari menjadi hal yang mengerikan.
4. Cincin Leher
Disebutkan bahwa beberapa suku pedalaman di Asia dan Afrika memakai cincin leher ini untuk mendapatkan bentuk leher yang jenjang dan cantik. Seramnya, cincin kuningan ini sudah dipakai semenjak mereka masih kanak-kanak. Tak hanya itu, fakta menyatakan bahwa aksi cincin leher ini berbahaya karena tulang leher tak bertambah panjang, hanya saja tulang bahu yang tertekan ke bawah.
5. Riasan Wajah Dari Timah dan Logam
Semenjak era si cantik Ratu Cleopatra, bangsa Mesir Kuno sudah mengenal kosmetik yang kebanyakan memakai logam-logam berat. Sebut saja seperti timah, tembaga, galena (sulfida timah) sampai kohl (pasta dari logam campuran timah) menjadi bahan riasan wajah. Selain menjadi tergantung, riasan ini bisa membuat kulit wajahmu terkelupas sampai merusak kulit. Mau?
6. Cakram Bibir
Aksi cakram bibir yang dilakukan wanita di sekitar sungai Amazon di Amerika Selatan dan Afrika ini adalah bentuk tindik badan yang sangat tradisional dan ekstrim. Sehingga pada usia muda, bibirakan mudah melebar jika dibentuk secara perlahan. wanita-wanita yang sudah mencapai ukuran bibir yang diinginkan bisa memakai cakram kayu ini saat upacara khusus.
7. Kumur Pakai Urin
Sudah sejak lama jika bangsa Romawi Kuno ingin memiliki deretan gigi yang putih dan bersih. Gilanya, mereka justru memilih memakai urin bangsa Portugis untuk membersihkan mulut. Tahukah kamu jika air seni (urin) ini mengandung sejumlah kandungan pembunuh bakteri seperti amonia dan urea. Apa kamu bisa membayangkannya?
8. Lulur Kotoran Buaya
Pernah membayangkan berkubang di lumpur kotoran buaya? Coba kamu tanya ke bangsa Yunani Kuno. Bangsa mereka percaya bahwa kotoran buaya bisa mengembalikan keremajaan kulit. Lucunya, kalau kamu ingin berlulur kotoran buaya, kamu harus membayar dengan cukup mahal. Wew, banyak sekali yang harus diperjuangkan demi kotoran buaya.
9. Bedak Arsenik
Apa kamu tahu zat arsenik? Dalam film atau drama mengenai pembunuhan sering disebutkan bahwa arsenik merupakan zat beracun yang bisa membunuh seseorang tanpa jejak. Dengan efek samping mengerikan, wanita Eropa di abad pertengahan justru memakai zat arsenik supaya wajahnya tampak lebih putih.
10. Wig Sulfur Mimisan
Kehidupan bangsa Inggris saat masa kekuasaan Ratu Elisabeth dikenal dengan kegemaran terhadap warna merah menyala seperti rambut sang Ratu. Warna itu menjadi tren sehingga banyak gadis-gadis memakai wig warna itu. Masalahnya, wig-wig tersebut rupanya dibuat dari bahan berbahaya seperti sulfur dan kelopak bunga Safflower yang bisa menimbulkan pusing, mual, sampai mimisan. Mau tampil cantik apa mimisan?
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: