Ternyata Amerika Takut dengan Indonesia

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Ternyata Amerika takut dengan Indonesia meski Amerika dikenal sebagai negara yang militernya paling kuat dan paling besar di dunia. Amerika bahkan punya pangkalan militer di Asia, yang tepatnya berada di Jepang dan hal ini menunjukkan betapa kuatnya USA dengan pangkalan militer yang ada di berbagai negara. Namun, apa buktinya kalau Amerika sebagai negara adidaya bisa takut dengan negara berkembang seperti Indonesia? Amerika yang sebegitu canggihnya mungkin membuat kita penasaran apa yang membuat mereka takut akan Indonesia.
Peralatan super canggih dan modernlah yang membuat kekuatan militer milik Amerika bisa besar, maju dan kuat. Tidak hanya peralatan canggih saja, beberapa negara sekutu pun dipunyai Amerika menjadikan negara ini begitu kuatnya. Negara-negara sekutu tersebut antara lain adalah Belanda, Spanyol, Jerman, Perancis, Inggris dan masih banyak lagi dan mereka ini merupakan negara yang termasuk di dalam North Atlantic Treaty Organization atau NATO. Dengan begitu, tidak mengherankan apabila Amerika dianggap sebagai negara yang paling berpengaruh di dunia dan sangat unggul dalam perang meski tercatat di dalam sejarah bahwa Amerika pernah kalah dalam perang melawan Vietnam.

Kabarnya, sejak dulu Amerika takut dengan Indonesia, dan bagusnya, negara Indonesia pun tidak pernah dibuat gentar oleh kekuatan militer luar biasa milik Amerika. Telah dibuktikan melalui sejarah bahwa tentara militer Indonesia tidak kalah jago dalam berperang. Baik itu TNI AD, AL maupun AU, semuanya adalah tentara yang bisa diandalkan karena telah diberikan kemampuan mumpuni dalam perang. Secara kecanggihan peralatan perang atau militer, Indonesia memang masih kalah atau jauh di bawah Amerika dan bahkan masih belum sebanding dengan negara Asia lainnya, tapi kenyataannya Indonesia bisa menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang disegani dan ditakuti dunia. Ada kabar yang menyatakan bahwa untuk menggempur Indonesia pun Amerika gentar. Lalu kira-kira apa alasan Amerika menjadi gentar padahal punya segudang kecanggihan?

Apakah Indonesia salah satu dari 4 negara yang membuat Amerika takut atau gentar? Pada sebuah acara talk show luar negeri, tepatnya yang disiarkan di TV ABC 13 Texas, diundanglah seorang pemimpin pasukan Inggris dalam penyerbuan ke Irak yang dikenal sebagai Jenderal Mike Jackson, pemimpin operasi badai gurun yang juga disebut Delta Forces bernama Jenderal Tommy Franks, serta mantan Jenderal US Marine dan kepala staf gabungan US bernama Jenderal Peter Pace. Kemudian seorang mahasiswa dari Universitas Dallas mengajukan pertanyaan tentang apakah ada indikasi akan penyerangan Amerika ke Indonesia setelah US MARINE, yang kemudian dijawab oleh Jenderal Peter Pace bahwa kekuatan marinir Indonesia ada di tiga besar di dunia.

Alasan militer Amerika takut berperang dengan Indonesia dijelaskan oleh Jenderal Tommy Franks bahwa mereka pernah mengalami konflik dengan Korea dan Vietnam yang menyebabkan mereka punya pengalaman pahit. Itu semua karena Korea Utara dan Vietnam menganggap Indonesia sebagai guru ketika berperang dengan Amerika Serikat seperti disebutkan oleh Jend. Peter Pace. Ditambahkan juga oleh mereka bahwa mereka sering merasa kewalahan meski hanya berlatih perang dengan Indonesia.

Jenderal Mike Jackson pun mengakui bahwa dalam waktu dekat, Indonesia diperkirakan bakal menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer yang luar biasa dan bahkan tidak akan tertandingi. Dikatakan juga oleh Tommy Franks bahwa Angkatan Udara Indonesia jarang latihan bersama tapi ia tahu betul bahwa pasukannya berkualifikasi pasukan AU itu Korps Pasukan Khas TNI-AU di Asia dan bahkan bisa dibilang paling lengkap di dunia. Ternyata Amerika takut dengan Indonesia dengan alasan-alasan seperti itu.

KM
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: