Ditemukan: Buffaloberry, Buah Super Pencegah Kanker

Kalau suka, share artikel ini:
Foto: copyright oikostreecrops.com
Narayana 734 - Buffaloberry. Mungkin nama buah ini terdengar asing bagi Anda. Tetapi, jangan salah, buah ini akan menjadi buah super berikutnya di dunia. Setidaknya itulah yang diungkapkan oleh sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Food Science. Menarik, bukan? Kok bisa ya?

Para peneliti yang mengumpulkan buffaloberry liat di Dakota Utara dan Selatan menemukan sebuah buat merah kecil yang asam, kaya lycopene dan anti oksidan yang dapat mencegah beberapa jenis kanker. Ditemukan pula senyawa asam yang disebut methyl-lycopenoate yang dapat digunakan menjadi pewarna makanan alami. Jenis pewarna ini adalah pigmen yang disebut karotenoid yang memberikan buah-buahan dan sayuran seperti tomat dan wortel warna merah atau oranye.

Menurut penelitian, kandungan lycopene dalam buffaloberry cenderung tinggi dibandingkan dengan tomat dan buah lainnya yang sudah umum. Buah ini pun telah banyak dimakan oleh orang-orang asli Amerika. Tetapi penelitian baru ini menunjukkan bahwa buah kecil ini dapat menjadi tanaman pangan yang berharga, khususnya bagi daerah yang kesulitan ekonomi.

Meskipun begitu, buah ini disinyalir mengandung gula yang cukup tinggi. Rasa buah ini saat dikeringkan tidak jauh berbeda dengan kismis, lho. Wah jadi penasaran, bagaimana rasanya ya. Semoga saja buah ini bisa didapatkan di negara kita ya.

Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: