Juara Tiga, Belanda Raih Medali Perunggu

Kalau suka, share artikel ini:
Pemain Belanda Wijnaldum merayakan golnya ke gawang Brazil.
Narayana 734Peringkat ketiga di Piala Dunia 2014 akhirnya jadi milik Belanda. De Oranje, julukan Belanda mendapatkan predikat tersebut setelah menggasak tuan rumah Brasil dengan skor telak 3-0.

Tanda-tanda Belanda akan menang pada laga di Estadio Nacional Mane Garrincha, Brasilia, Minggu (13/7/2014) dinihari WIB, memang sudah terlihat sejak awal. Tim besutan Louis van Gaal itu langsung unggul lewat serangan pertamanya. Penalti Robin van Persie membawa mereka memimpin 1-0.
Keroposnya lini pertahanan Brasil dimanfaatkan Belanda untuk mencetak gol kedua lewat Daley Blind. Skor 2-0 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga jeda.
Beberapa saat menjelang berakhirnya pertandingan, Belanda menambah derita tim tuan rumah. Mereka memantapkan kemenangan melalui gol Georginio Wijnaldum.
Hasil ini menjadi hadiah hiburan bagi Belanda yang sebelumnya kalah adu penalti dari Argentina di semifinal. Sebaliknya, kekalahan telak ini makin mempermalukan Brasil setelah sebelumnya mereka dibantai Jerman 1-7 di babak empat besar.
Serangan pertama Belanda, seperti dilansir detiksport, menimbulkan kepanikan di lini belakang Brasil. Pada menit kedua, Thiago Silva yang kalah sprint terpaksa menarik kaus Arjen Robben hingga Robben terjatuh. Wasit langsung menunjuk titik putih setelah melihat insiden ini.
Van Persie yang menjadi algojo sukses mengonversi tendangan 12 pas menjadi gol. Eksekusinya ke arah kanan tak bisa dijangkau Julio Cesar.
Belanda mencetak gol keduanya saat laga memasuki menit ke-16. Gol ini berawal dari kegagalan David Luiz dalam mengamankan sebuah umpan silang dari sisi kanan. Bola sundulannya malah mengarah ke Blind. Dengan tenang, Blind mengontrol bola di kotak penalti dan menembaknya ke dalam gawang. Brasil 0, Belanda 2.
Brasil berpeluang memperkecil ketertinggalan lima menit kemudian. Oscar melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi kiper Jasper Cillessen mampu mengantisipasinya.
Brasil yang tertinggal dua gol berusaha untuk terus menekan Belanda. Mereka mendapatkan kesempatan pada menit ke-37, tapi Paulinho dan David Luiz tak mampu menjangkau tendangan bebas Oscar.
Hingga berakhirnya babak pertama, skor tak mengalami perubahan. Belanda masih unggul 2-0 atas Brasil.
Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari berusaha memperkuat lini tengah timnya pada babak kedua. Dia menarik keluar Luiz Gustavo dan Paulinho. Sebagai gantinya, masuklah Fernandinho dan Hernanes.
Kendati mendominasi penguasaan bola, Brasil kesulitan menciptakan peluang. Mereka baru mendapatkan kesempatan pada menit ke-60, namun tembakan diagonal Ramires melenceng.
Berselang tiga menit, David Luiz mencoba mencetak gol lewat tendangan bebas. Akan tetapi, tembakannya ditangkap oleh Cillessen.
Hulk yang masuk menggantikan Ramires juga mendapatkan peluang pada menit ke-72. Namun, tembakan keras kaki kirinya masih melebar.
Belanda mencetak gol ketiga saat pertandingan memasuki injury time. Umpan silang Daryl Janmaat dari sisi kanan dikonversi Wijnaldum menjadi gol.
Susunan Pemain
Brasil: Julio Cesar; Maicon, Thiago Silva, David Luiz, Maxwell; Paulinho (Hernanes 57′), Luiz Gustavo (Fernandinho 46′); Ramires (Hulk 72′), Oscar, Willian; Jo
Belanda: Cillessen (Vorm 90+3′); De Vrij, Vlaar, Martins Indi; Blind (Janmaat 70′), Wijnaldum, Clasie (Veltman 90′), Kuyt; De Guzman; Van Persie, Robben
(SOLOPOS)
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: