Fungsi dari Ngupil

Kalau suka, share artikel ini:
Ngupil.
Narayana 734Salah satu hal yang lazim dilakukan manusia walaupun terlihat jorok namun banyak orang menikmatinya adalah ngupil atau mengambil kotoran di dalam hidung. Ternyata, ada sisi baiknya kenapa manusia wajib mengambil kotoran di dalam hidung mereka.

Kotoran hidung atau upil dalam bahasa slang Amerika Serikat-nya adalah boogies atau bogey. Kotoran di dalam hidung merupakan reaksi alami dari manusia karena upil adalah hasil dari pengeringan mukus koloid yang kental atau biasa disebut ingus.

Secara alami, tubuh manusia memiliki kandungan lendir cair di banyak bagian yang salah satunya berada di rongga hidung. Menurut tulisan di Wikipedia, membran mukosa di dalam rongga hidung setiap hari akan terus menerus memproduksi mukus atau ingus yang basah.

Kegunaan dari mukus ini adalah untuk melumeri rongga hidung serta untuk menjadi penghalang alami tubuh terhadap kotoran, debu atau juga patogen dari luar yang terhirup masuk melalui hidung.

Dikarenakan tidak semua mukus berada di dalam rongga hidung bagian dalam, maka ingus basah yang berada di bagian terluar atau di dalam rongga hidung luar akan mengering karena kelembapan udara yang diterimanya dan akhirnya membentuk apa yang disebut dengan kotoran hidung atau upil.

Scott Napper, seorang peneliti dari University of Saskatchewan menjelaskan bahwa ngupil tersebut bukan tindakan yang jorok bahkan disarankan untuk dilakukan setiap hari.

Hal itu dikarenakan dengan mengambil mukus yang telah mengering di dalam rongga hidung maka dapat menghindarkan masuknya bakteri yang terbawa udara dan terperangkap di dalam upil untuk masuk ke dalam tubuh.

Bahkan menurut penelitian lainnya, disarankan untuk memakan upil tersebut karena dipercaya dapat menambah kekebalan sistem imun dalam tubuh karena di dalam mukus atau juga upil itu mengandung antibodi khusus dan tidak membahayakan kesehatan.

Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: