Lima Mitos yang Menjerumuskan

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Para ahli membeberkan beberapa kebenaran tentang kesehatan yang sebelumnya banyak dianggap tak penting. Berikut penjelasannya yang dilansir dari MSN.com (Kamis, 31/1).

"Sebatang atau dua batang rokok setiap hari tak masalah kok"
Salah besar. "Kebiasaan ini sudah dapat menyebabkan saluran udara menyempit sementara. Pada akhirnya menyebabkan penurunan sementara jumlah oksigen dalam darah Anda," jelas pulmonologist Dr. David R. Nelson.

"Saya sudah dewasa, boleh dong begadang"
Menurut National Sleep Foundation, rata-rata setiap orang harus mendapatkan 7-9 jam tidur dalam semalam. Kantuk di siang hari dan sulit berkonsentrasi menjadi risiko yang paling sering dialami orang yang tidak tidur cukup.

"Saat butuh tambahan energi, saya cukup minum kopi"
Meskipun kafein membantu agar lebih konsentrasi dan fokus, namun kopi tak cocok dikonsumsi sebagai energy drink dalam jangka panjang.  "Kopi hanya memberikan efek sementara. Jika Anda butuh tambahan energi segera, perut Anda harus diisi," ungkap Keri Gans, konsultan nutrisi di New York.

"Saya bisa makan malam sepuasnya jika melewatkan sarapan dan makan siang sedikit saja"
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa melewatkan makan siang malah bisa membuat tubuh Anda gemuk. Melewatkan makan siang malah merusak ritme sirkadian tubuh, sehingga metabolisme tubuh terganggu.  "Melewatkan jam makan merupakan suatu kesalahan karena tubuh tak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas," ungkap Gans.

"Beberapa gelas alkohol bantu saya tidur nyenyak"
"Minum minuman beralkohol mungkin bisa membantu Anda tertidur, namun Anda malah bisa tidur tak nyenyak dan merasa sangat pusing setelah bangun tidur," jelas Dr Shelby F. Harris. The National Sleep Foundation merekomendasikan menjaga jadwal tidur teratur dan memastikan ruangan berada di suhu yang nyaman untuk membantu Anda tidur.

Ghiboo.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: