Titel Keempat The Lions

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734Setelah menanti selama lima tahun, Singapura akhirnya menjadi juara Piala AFF lagi. Ini adalah kali keempat The Lions menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Singapura merebut gelar pertamanya pada tahun 1998, saat kompetisi masih bernama Piala Tiger. Saat itu, mereka yang sebenarnya tidak diunggulkan mampu lolos ke final dan mengalahkan tuan rumah Vietnam 1-0.

Berselang enam tahun, Singapura kembali berjaya. Mereka mengalahkan Indonesia di final dengan skor agregat 5-2. Inilah titel pertama yang diberikan oleh pelatih Radojko Avramovic.

Di turnamen edisi berikutnya, tahun 2007, Singapura jadi tuan rumah bersama Thailand. Dua tuan rumah ini bertemu di final dan Singapura yang jadi pemenang dengan agregat 3-2.

Pada tahun 2008 dan 2010, prestasi Singapura meredup. Mereka cuma menembus semifinal di 2008 dan kemudian malah tersisih di babak grup pada tahun 2010.

Memasuki Piala AFF 2012, Singapura mengawali kiprahnya di babak grup dengan mempecundangi Malaysia 3-0. Sempat kalah 0-1 dari Indonesia, mereka kemudian memastikan lolos ke semifinal berkat kemenangan 4-3 atas Laos.

Di semifinal, Shahril Ishak dkk. sukses melewati Filipina. Setelah bermain imbang tanpa gol di Manila, mereka menang 1-0 di kandang sendiri. Hasil ini mempertemukan mereka dengan Thailand di final.

Menghadapi Thailand, Singapura membukukan modal bagus di leg pertama dengan menang 3-1. Meski kemudian kalah 0-1 di Bangkok, Sabtu (22/12/2012), mereka tetap unggul agregat 3-2 dan jadi tim yang berhak mengangkat trofi.

Dengan demikian, Singapura kini jadi tim pertama yang berhasil empat kali memenangi Piala AFF. Mereka mengungguli Thailand yang punya tiga titel. (sport.detik.com)
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: