Beredar Video, Tentara AS Kencingi Mayat Pejuang Taliban

Kalau suka, share artikel ini:
Potongan gambar video yang diduga berisi tentara AS sedang mengencingi mayat anggota Taliban
Narayana 734Dalam video berdurasi 37 detik yang tersebar di internet, empat orang tentara AS tampak mengencingi tiga mayat pejuang Taliban di Afghanistan. Video tersebut pertama kali diposting di situs Live Leak. Keempat tentara AS tersebut terlihat menyadari bahwa mereka sedang direkam.
Ketiga mayat bersimbah darah itu diletakan di tanah. Empat orang berbaju kamuflase marinir AS mengencingi mayat-mayat tersebut. Salah satu dari tentara AS di video tersebut berujar, “Have a nice day, buddy.” Sementara yang lainnya berkelakar kotor mengenai mandi.
Korps Marinir AS mengatakan, akan menginvestigasi video tersebut. “Kami belum dapat memverifikasi kebenaran video tersebut. Namun aksi tersebut tidak sesuai dengan nilai utama kami dan juga tidak mengindikasikan karakter para marinir di korps kami,” ujar Korps Marinir AS dalam sebuah pernyataan yang dikutip Aljazirah. Kasus ini sedang diinvestigasi oleh Naval Criminal Investigative Service (NCIS), organisasi penegak hukum militer.
Juru bicara Pentagon, John Kirby, juga mengutuk video tersebut. “Tanpa melihat siapa yang ada di video tersebut, video itu memperlihatkan tindakan yang menjijikan dan tidak dapat dilakukan oleh siapapun yang mengenakan seragam,” ujar Kirby.
Reaksi mengecam terhadap video itu muncul di situs-situs militer, termasuk Stars and Stripes, kanal berita resmi Departemen Pertahanan. Di situs tersebut terdapat komentar berbunyi, “Saya seorang veteran yang sangat tahu seperti apa memegang kebencian terhadap lawan. Saya tidak mengatakan tindakan tersebut benar, tetapi janganlah merekam hal seperti itu dan mempostingnya di internet." Ia juga memperingatkan video tersebut dapat menjadi alasan Taliban untuk memperlakukan tahanan Amerika dengan kasar.

Ini videonya:
REPUBLIKA.CO.ID dan Youtube
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: