7 Pekerjaan Aneh Ini Benar-Benar Ada di Masa Lalu!

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Jauh di masa lalu, banyak hal unik yang mungkin belum pernah kita tahu. Termasuk profesi pekerjaan yang ada di daftar ini.

Belum canggihnya jaman saat itu membuat beberapa pekerjaan dilakukan dengan yang belum pernah kita bayangkan. Jika sekarang semua peralatan serba digital, di masa lalu semuanya dikerjakan secara manual.

Nyatanya ketujuh pekerjaan ini sudah jarang ditemui, bahkan bisa dibilang sudah punah. Penasaran bukan? So, inilah 7 pekerjaan unik yang sudah punah di masa lalu!

1. Pelacak Pesawat Musuh
Di zaman dulu, seseorang akan dibayar untuk mengoperasikan alat dengar pesawat musuh yang besar itu. Sebelum akhirnya ditemukan radar, alat ini membantu melacak seluruh benda yang terbuat dari besi, yang berkeliaran di atas awan. Seiring perkembangan jaman, semua itu bisa dilakukan secara digital dan otomatis oleh komputer.

2. Penata Pin Bowling
 
Saat ini, mereka yang ingin main bowling nyatanya sudah lebih praktis. Pin bowling akan otomatis ditata sedemikian rupa oleh mesin.

Namun kembali ke beberapa puluh dekade silam, hal ini tak semudah sekarang. Bahkan ada menata pin bowling menjadi salah satu profesi pekerjaan yang menjanjikan.

3. Pemotong Es
Jauh sebelum kulkas akhirnya ditemukan, orang zaman dahulu akan mengumpulkan es-es di musim dingin untuk berbagai keperluan. Namun tentu saja tak semua orang punya waktu untuk melakukannya. Jadi tak heran jika beberapa orang rela bersusah-susah memotong balok-balok es di jalan dan menjualnya ke mereka yang membutuhkan. 

4. Penangkap Tikus
 
Berbagai cara kini dikenal untuk membasmi tikus. Entah itu menggunakan jebakan, racun, dan lain-lain. Namun di waktu lampau, orang-orang belum mengenal cara-cara tersebut.

Tikus memang salah satu hewan yang paling menjijikkan bagi banyak orang. Tak heran jika di masa lalu profesi penangkap tikus benar-benar ada. Mereka adalah orang-orang yang merasa tidak jijik dengan tikus dan mampu memburu dan membasminya dengan cara dipukul, dipanah, dan ditangkap dengan tangan kosong.

5. Alarm Berjalan
Dahulu kala sebelum ditemukan jam weker dan alarm seperti sekarang, orang-orang menggunakan jasa para 'alarm berjalan' yang akan membangunkan mereka di waktu yang diinginkan. Biasanya mereka akan berkeliling desa dan kota dengan berjalan kaki dan membangunkan para klien dengan cara mengetuk jendela kamar hingga si klien bangun. Menarik, bukan?

6. Penyala Lampu Jalan
Lampu-lampu jalan jaman dahulu memang tak ada yang menggunakan listrik seperti sekarang. Lampu-lampu tersebut nyatanya menyala menggunakan minyak dan harus dihidupkan satu per satu secara manual setiap hari.

Saking banyaknya lampu-lampu tersebut, maka pemerintah kota setempat akan mempekerjakan beberapa orang untuk menyalakannya setiap hari. Wah, nggak capek tuh?

7. Pembongkar Makam
Nah, yang terakhir ini bisa jadi yang paling seram. Di abad 19 silam, beberapa pemberani dibayar oleh universitas kedokteran untuk membongkar makam dan mengambil mayat-mayat yang belum terlalu hancur jasadnya untuk dijadikan cadaver, atau bahan praktek untuk para calon dokter.

Namun mereka tentu saja tak sembarangan makam-makam itu. Universitas dan pemerintah setempat telah mengatur peraturan-peraturan penting tentang pembongkaran mayat ini.

Kapanlagi
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: