Tips Bagaimana Supaya Orang Menghargai Pendapat Kita (Request Post)

Kalau suka, share artikel ini:
 
Pada zaman modern seperti ini, kebebasan berpendapat haruslah di agungkan. Bukan karena adanya undang – undang yang membahas kebebasan berpendapat, tetapi juga adanya hukum dalam masyarakat bahwa kita hidup saling berdampingan satu sama lain dan haruslah kita saling menghormati satu sama lain.
Sebagai mahluk sosial yang ingin dihargai hendaknya hargailah orang lain dulu. Jangan hanya mintanya dihargai, tetapi tidak mencoba berfikir bahwa orang lain belum tentu dengan gampang menerima sebuah penolakan pendapat. Apalagi pendapat tidak dihargai “ Dengan cara kasar menolak pendapat” akan sangat menyakitkan bila kita mengalami kasus seperti ini.
Berfikir adalah kunci utama agar kita hendaknya selalu ingat bahwa kita ingin dihargai, maka kita juga harus menghargai terutama menghargai pendapat orang lain. Bolehlah kita tidak setuju atau memang pendapat orang lain itu salah, tetapi akan sangat menyenangkan bila cara penyampaian ketidak setujuan dilakukan dengan cara yang manis. Pastilah tidak ada rasa “sakit hati” yang dialami satu sama lain.
Mereka para orang yang tidak menghargai pendapat orang lain, semoga mereka sadar, bahwa mereka tidak hidup sendirian dan pastinya suatu saat mereka juga akan butuh bantuan. Mereka hendaknya berkaca bahwa orang lain akan senang membantu mereka jika kelakuannya menyenangkan dan tidak seenaknya meremehkan atau tidak menghargai pendapat orang lain.
Banyak cara untuk menjaga diri dari orang yang menyebalkan, tidak menghargai pendapat orang lain. Salah satunya mungkin cobalah tebar senyum kepada mereka walaupun hatimu merasa sebal setengah mati, Berusahalah tegakkan badanmu dan tunjukan kalau kamu tidak gentar dan tidak takut.
Menyenangkan bila kita tidak akan pernah bertemu lagi dengan orang menyebalkan yang tidak pernah menghargai pendapat orang lain. Tetapi Tuhan memang adil, ada orang menyenangkan, tetapi ada juga orang yang menyebalkan. Semoga kita termasuk orang yang menyenangkan. Berusaha lebih baik daripada tidak sama sekali, dan berusahalah menjadi orang yang menyenangkan.
Walaupun begitu sebalnya kita terhadap orang yang tidak suka menghargai pendapat orang lain, tetapi kita harus tetap berinteraksi dengan orang macam seperti itu. Harus selalu yakin bahwa sesuatu yang menyakitkan kita, pasti akan mendapat balasan dari Tuhan.
Kita juga harus berhati – hati dalam menolak pendapat. Jangan sampai kita menjadi salah satu dari orang menyebalkan itu. Selalu menahan diri dari emosi dan berusaha sebaik mungkin mencegah kata – kata yang menyakitkan orang lain dalam menolak pendapat, sehingga kita benar – benar bisa menghormati pendapat orang lain.
Dari semua yang sudah diceritakan diatas, alangkah baiknya bila kita berpegang teguh pada sebuah kebenaran. Bahwa jika ingin pendapat kita dihargai orang lain maka hargailah pendapat orang lain. Jangan seolah – olah hanya kita saja yang ingin dihormati.(FH)

lifestyle.kompasiana.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: